animasi bergerak gif
body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/nature/nat-2/nat192.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/nature/nat-2/nat192.png), progress !important;}Cute Rocking Baby Monkey
Cute Rocking Baby Monkey
divine-music.info
divine-music.info

divine-https://www.blogger.com/img/gl.quote.gifmusic.info
- See more at: http://www.komputerseo.com/2010/12/cara-memasang-gambar-animasi-lucu-di.html#sthash.5WNQIe5F.dpuf - See more at: http://www.komputerseo.com/2010/12/cara-memasang-gambar-animasi-lucu-di.html#sthash.x2vHhdEO.dpuf - See more at: http://www.komputerseo.com/2010/12/cara-memasang-gambar-animasi-lucu-di.html#sthash.mjU6Xbga.dpuf

Senin, 23 Februari 2015

MERANGKUMAN BUKU PENGETAHUAN POPULER BERJUDUL BERCOCOK TANAM PALAWIJA


Judul Buku                   :  Bercocok Tanam Palawija
Jumlah Halaman         :  53 halaman
Penerbit                      :  Aneka Ilmu
Buku berjudul Bercocok Tanam Palawija ini memuat uraian cara menanam jagung, kacang tanah dan kedelai. Dalam buku ini dikemukakan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan cara menanam tanaman palawija(kedelai, kacang tanah dan jagung). Hal – hal tersebut meliputi asal usul tanaman palawija (kedelai, kacang tanah dan jagung), syarat tumbuh palawija(kedelai, kacang tanah dan jagung), jenis – jenis palawija(kedelai, kacang tanah dan jagung),pembibitan, pengolahan tanah,penanaman bibit palawija(kedelai, kacang tanah dan jagung), dan pemungutan hasil panen palawija (kedelai, kacang tanah dan jagung)


Kedelai merupakan tanaman yang berasal dari Manshukuw(Cina). Kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, kecap, taoco, susu kedelai, dan juga bisa diolah menjadi cat, bahan peledak, lak dan lain – lain. Kedelai mempunyai banyak khasiat, unsur – unsur yang terkandung dalam kedelai yaitu.
Unsur Makanan
Kedelai Putih %
Kedelai Hitam %
Air
13,75
14,05
Protein
34,4
33,8
Lemak
15,8
19,3
Koolhydrat
14,85
14,1
Mineral
5,25
5,25

Daerah yang paling baik untuk penanaman kedelai adalah daerah yang mempunyai ketinggian 400 meter diatas permukaan laut, apabila ditanam didaerah yang lebih tinggi tanaman kedelai tidak akan hidup subur. Kedelai dapat ditanam ditanah sawah / ditanah tegalan.
Jenis kedelai dapat dilihat dari menurut warna bijinya, menurut batangnya, menurut umurnya. Pembibitan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu bibit yang disimpan dalam bentuk biji dan bibit yang disimpan dalam bentuk buah. Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara ekstensif dan dengan cara intensif. Penanaman bibit kedelai terdiri dari cara menanam, pemeliharaan tanaman, dan beberapa penyakit yang menyerang kedelai. Pemungutan hasil panen dapat dilakukan waktu panen ialah memungut kedelai, menjemur kedelai, memecahkan kulit dan menyimpanan kedelai. 


Kacang Tanah adalah tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Kacang tanah merupakan tanaman palawija yang berumur pendek. Kacang tanah dapat diolah dengan direbus / diolah sebagai makanan ringan. Misalnya, kacang rebus, kacang asin, kacang atom. Dan juga dapat diolah menjadi bahan bumbu pecel, sebagai bahan sayur, sebagai bahan pembuat keju, bahan baku minyak goring dan juga sebagai makanan ternak.
Daerah yang cocok untuk penanaman kacang tanah adalah daerah yang beriklim panas, dengan keadaan udara yang lembab dan curah hujan tidak terlalu banyak. Di Indonesia kacang tanah didaerah daratan rendah sampai pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Daerah yang lebih tinggi dengan keadaan udara yang lebih dingin kacang tanah akan menjadi lebih lama umurnya.
Jenis – jenis kacang tanah dapat dibedakan menjadi 2 golongan besar, yaitu menurut pertumbuhannya dan menurut umurnya. Pengolahan tanah kacang tanah dapat di tanam disawah maupun ditanah tegalan. Pemeliharaan tanaman dapat dilakukan dengan cara penyiangan, pengairan, pemupukan, pemberantasan hama / penyakit. Pemungutan hasil panen dapat dilakukan dengan cara memetik, menjemur, dan menyimpan.


Jagung ialah tanaman yang berasal dari Amerika. Jagung merupakan tanaman palawija yang berumur pendek, sehingga cepat mendatangkan hasil.  Kacang tanah mengandung zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh,yaitu zat gula, kalium, asam jagung dan minyak lemak. Kacang tanah dapat diolah menjadi bahan makanan (contoh : nasi jagung, jagung rebus, jagung bakar dan tongkol yang masih muda dapat diolah menjadi lalap, dibuat sayur maupun acar), minyak goring, sebagai obat dan untuk makanan ternak.
Daerah yang cocok untuk penanaman jagung adalah daerah yang beriklim panas. Dapat tumbuh didaerah dataran rendah maupun dataran tinggi yaitu sekitar 1 – 2000 dari permukaan laut. Didaerah yang lebih tinggi lagi biasanya umur jagung menjadi lebih panjang.
Jenis – jenis jagung dapat dibedakan atas 2 jenis yaitu jagung berumur panjang dan jagung berumur pendek. Pembibitan dapat memperoleh bibit dengan 2 macam yaitu dengan membuat sendiri dan dengan membeli di toko pertanian. Penanaman jagung biasanya dilakukan pada akhir penghujan, yaitu sekitar bulan Maret atau pada akhir musim kemarau, yaitu sekitar bulan Oktober – November. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan cara menyulam, menyiang, dan memupuk. Pemungutan hasil buah jagung dengan cara memetik dari batangnya satu persatu, kemudian dikumpulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar